Kampung Tohaga Lodaya dibentuk oleh Kapolres Sumedang di Desa Linggajaya, Cisitu, Sumedang

Kegiatan Kapolres

Sumedang, TBNews- Bertempat di Desa Linggajaya, Kecamatan Cisitu Sumedang. Polres Sumedang membentuk Kampung Tohaga Lodaya dalam rangka penguatan ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19.

Kampung Tohaga Lodaya yang memiliki makna kampung tangguh merupakan bentuk dari kemandirian masyarakat di Desa Linggajaya, Cisitu Sumedang dalam memenuhi kebutuhan ekonomi daerahnya serta kesiapsiagaan mereka dalam menghadapi situasi pamdemi covid-19.

Kapolres Sumedang AKBP. Dwi Indra Laksmana, S.I.K., M.Si selaku inisiator program Kampung Tohaga Lodaya memilih Desa Linggajaya sebagai Kampung Tohaga Lodaya di wilayah Kabupaten Sumedang dikarenakan desa tersebut memiliki potensi, sumber daya alam dan sumber daya manusia yang mumpuni untuk menjadi pilot project kampung tangguh di Kabupaten Sumedang.

Kurang lebih sebanyak 100.000 ribu ekor bibit ikan jenis mujair dan 1.6 Ton Beras di serahkan kepada kelompok perikanan dan masyarakat OTD  Desa Linggajaya.

Pada kesempatan tersebut pula dihadiri oleh Bupati Sumedang Dr. H. AHMAD MUNIR, ST, MM meninjau beberapa lokasi percontohan Kampung Tohaga Lodaya berupa lahan persawahan, lumbung pangan, dapur umum, mesjid/fasilitas umum, peternakan sapi dan domba, rumah isolasi Covid-19, kerajinan opak, pembuatan perahu/sampan, pos siskamling dan Yayasan Simpay Wargi.

Kapolres Sumedang mengaku bahwa program Kampung Tohaga Lodaya adalah implementasi dari program Kapolri dalam membentuk kampung tangguh di Indonesia “Desa Linggajaya sangat cocok untuk dijadikan Kampung Tohaga Lodaya karena fasilitas yang tersdia sudah baik dan masyarakatnya sangat antusias untuk ikut serta dalam program ini” ujarnya. (Admin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *