Kapolsek Conggeang Menghadiri Musyawarah Terkait Tanah Rancabaren Desa Babakan Asem Dan Desa Cacaban Dengan Pihak Asper / BKPH Conggeang

Kegiatan Polsek

Polres Sumedang, Bertempat di Ruang kerja Camat Conggeang telah dilaksanakan musyawarah terkait rencana penebangan pohon Jati dan Pohon jenis lainya yang berdiri di tanah Rancabaren Desa Babakan Asem dan Desa Cacaban oleh pihak BKPH Conggeang.

Yang hadir dalam acara tersebut sebanyak 13 orang yaitu Camat Conggeang Drs. BANGBANG KUSTIANTORO., M.Si, Kapolsek Conggeang AKP JEJE HERYANTO, Danramil 1007 Conggeang Kapten Inf DEDE BAHARUDIN, Pjs. Kepala Desa Babakan Asem KOSASIH., S.Sos, Kepala Desa Cacaban EMAN SULAEMAN, Asper / BKPH Conggeang H. KOMA., S.Hut, Ketua BPD Cacaban LILI., S.Pd, Ketua BPD Babakan Asem RASMA SUHENDRA, Ketua Bumdes Babakan Asem H. RASNA SOFYAN D., S.Pd dan Bhabinkamtibmas Desa Babakan Asem Bripka HERU HERMANSYAH.

Adapun yang menjadi dasar untuk dilaksanakan penebangan adalah Kep Mentri Kehutanan No. SK.5352 / Menhut – II / KUH / 2014 Tanggal 11 Agustus 2014 tentang Penetapan kawasan hutan pada kelompok hutan Tomo seluas 8.956,07 Ha Kab. Sumedang termasuk Blok Rancabaren Desa Babakan Asem Kec. Conggeang.

Hasil yang didapat dalam musyawarah tersebut yaitu
Dari pihak BPD Babakan Asem dan Desa Cacaban memohon penangguhan penebangan di Blok Rancabaren berhubung dari BPD akan menghadap ke Setda Kab. Sumedang, Dari pihak BKPH Conggeang akan menangguhkan penebangan di Blok Rancabaren sebelum ada keputusan bersama.

Masalah tegakan di Blok Rancabaren yang dulu pernah dirapatkan di Pemda Sumedang dengan pembagian 35% buat Desa, 35% buat Perhutani dan 30% buat Reboisasi hasil itu sebelum ada rencana pembangunan jalan Tol itu juga belum ada kesepakatan bersama dan setelah akan dipakai pembangunan jalan Tol yang 30% untuk Reboisasi tidak dipakai.

Intinya warga masyarakat Desa Babakan Asem dan Desa Cacaban yang diwakili oleh Kepala desa dan BPD tidak akan menghambat apalagi menolak pembangunan Jalan Tol karena harus mensukseskan Program Pemerintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *